Semua sudah tahu kalau gorden punya banyak fungsi, mulai dari memfilter cahaya matahari yang masuk, sebagai pemanis ruangan, sampai menutup jendela agar tidak terlihat dari luar. D

Tapi ingat loh, jangan hanya melihat kualitas bahannya saja, tapi saat pemilihannya kamu juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan ruanganmu. Setiap ruangan punya fungsi yang juga berbeda, sehingga kebutuhan jenis kain gorden pasti otomatis tidak sama. Karena itu, lihat dulu nih pilihan-pilihan jenis kain gorden yang perlu kamu ti pasaran, ada berbagai macam jenis kain gorden dan harganya juga berbeda-beda tergantung bahan kain yang dipilih. Semakin bagus jenis kainnya, tentu akan semakin mahal harganya.ahu beserta harganya.

Kain Blackout

Nggak sedikit orang yang pilih kain blackout karena memang bisa memberikan perlindungan cahaya matahari dengan lebih sangat baik. Nggak hanya cahaya matahari saja yang terhalangi dengan baik, tapi juga cahaya lampu. Karena keunggulannya itu, pemilik rumah sengaja memasang gorden kain ini di bagian ruangan depan agar cahaya matahari yang terlalu panas atau silau tidak langsung masuk ke dalam rumah.

Baca juga : Jenis Kain Satin untuk Gorden yang Tepat agar Nggak Salah Pilih

Keunggulan lainnya yaitu, bahannya yang lembut dan halus. Nggak hanya itu saja, kamu juga gampang membersihkannya sehingga kamu nggak perlu buang-buang waktu mencucinya. Buat harganya, sekitar Rp 120 ribu sampai Rp 260 ribu per meternya.

Kain Satin

Semua sudah tahu kalau kain satin adalah kain yang banyak dipakai buat gaun-gaun wanita kan? Ternyata satin juga termasuk jenis kain gorden dan harganya juga kompetitif dengan bahan kain lainnya. Bahan ini terkenal dengan permukaannya yang begitu halus dan lembut. Selain itu, permukaannya juga mengkilap sehingga memberikan kesan mewah pada ruangan kamu.

Kebanyakan orang yang menjual gorden satin memberikan kerapatan jahitan yang bagus. Jadinya, menambahkan kesan elegan saat kamu memasangnya di ruangan tertentumu. Harga per meter kain satin saat ini sekitar Rp 140 ribu sampai Rp 250 ribu.

Kain Dimout

Jenis kain yang banyak dipakai oleh pemilik rumah kekinian yaitu kain dimout. Keunggulannya yaitu bisa menghalangi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan hingga 90%. Jadinya kamu nggak usah khawatir lagi kalau ada cahaya matahari yang silau atau yang terlalu panas, pastinya sudah lebih aman terhalangi.

Banyak yang memilihnya juga karena memberikan ruangan tampak lebih elegan dan mewah. Nggak jarang juga pemilik rumah menjadikannya sebagai gorden roller blinds yang akan menambahkan kesan estetika di bagian jendelanya. Kalau kamu mau membelinya, harganya di sekitar Rp 112 ribu sampai Rp 189 ribu.

Kain Sutra

Sutra juga termasuk bahan kain yang nggak jarang digunakan buat pakaian. Selain dipakai buat bahan pakaian, sutra juga dimanfaatkan sebagai kain gorden saat ini. Dengan permukaannya yang cukup lembut dan halus, kamu bisa mengkombinasikannya dengan sheer. Dijamin nantinya ruangan kamu akan semakin lebih menarik dan keren.

Baca juga : Tips Memilih Model Kain Gorden yang Pas Buat Jendela Rumahmu

Dari harganya, sutra termasuk cukup mahal, apalagi kamu pilih yang sutra murni. Tapi kalau kamu pilih yang sintetis, harganya akan lebih murah.

Pemilihan jenis kain gorden dan harganya tentu sangat penting kamu pertimbangkan. Jangan sampai deh kamu salah pilih dan menyesal nantinya.