Kain satin sangat terkenal sebagai bahan pakaian, terutama gaun atau bahan yang dikombinasikan dengan kebaya. Dengan keunikannya tersendiri, nggak heran sih banyak yang memilihnya. Nah, selain dipakai buat bahan pakaian, nggak jarang juga pemilik rumah memanfaatkan kain satin untuk gorden di rumah.

Permukaannya yang punya tekstur halus, lembut, dan tampak mengkilap menjadi alasan kenapa kain satin juga sering dipakai buat gorden di rumah, apartemen, mau pun hotel. Jadinya, ruangan akan tampak semakin elegan, menarik, dan lebih enak dilihat. Tapi, nggak semua jenis satin bisa kamu manfaatkan buat gorden. Beberapa di antaranya terlihat kaku untuk dijadikan gorden, sehingga dirasa kurang tepat kamu pakai nanti.

Agar kamu nggak salah pilih satin buat pemanis jendela rumahmu, lihat dulu nih jenis satin mana yang tepat kamu manfaatkan.

Kain Satin Sutra

Kamu tahu kain sutra? Bahan permukaannya yang lembut dan halus juga sering dipakai buat gorden. Kalau kamu mau gordennya terlihat lebih elegan, coba saja kamu kombinasikan dengan satin. Di pasaran gorden saat ini sudah sangat banyak gorden yang kainnya merupakan kombinasi satin dan sutra, sehingga akan tampak semakin elegan.

Baca juga : Tips Memilih dan Membeli Gorden untuk Kantor Anda

Pas banget nih buat ruangan minimalis kamu yang mau kamu buat semakin terlihat menarik. Kain satin sutra akan menjadi pemanis ruangan minimalis kamu, apalagi memakai desain yang mendukung. Meski begitu, pemilihan warnanya masih sedikit, sehingga kamu harus pintar-pintar mencarinya.

Kain Satin Kahatex

Jenis kain satin untuk gorden lainnya yaitu satin kahatex. Kalau buat orang awam, jenis kain ini memang masih asing di telinga, tapi kalau buat penjual gorden sudah pasti nggak akan asing lagi. Dengan ketebalannya dan kekakuannya yang cukup, nggak heran sih kalau banyak juga yang memilihnya sebagai gorden.

Kain satin kahatex memang akan memberikan perlindungan yang ekstra buat jendela rumahmu. Cahaya matahari nggak akan lagi dirasakan masuk karena menghalanginya hingga 100%. Meski begitu, kalau kamu memakainya di ruangan yang terlalu minimalis, ruanganmu akan menjadi cukup panas. Jadinya, gunakanlah di ruangan yang cukup lebar agar tidak terlalu panas.

Kain Satin Clarissa

Selain kahatex, masih ada satin clarissa yang juga sering dipakai buat gorden. Nggak sedikit pemilik rumah yang memanfaatkannya sebagai kain dasar kelambu. Dengan teksturnya yang cukup lemas dan tipis, pas banget buat kamu jadikan gorden pelapis pertama.

Baca juga : Mengenal Kain Blackout Sebagai Kain Paling Populer Untuk Gorden

Kamu memang harus menambahkannya dengan bahan gorden lainnya. Tapi tetap saja, kain ini akan memberikan kesan yang halus dan minimalis pada ruangan rumahmu. Saat kamu tidak mau terlalu terlihat dari luar atau hanya mengurangi sedikit cahaya mataharinya, kamu bisa memakai satin clarissa ini.

Kalau awalnya kamu hanya tahu sedikit tentang kain gorden, dari artikel ini kamu akan semakin paham ternyata kain satin untuk gorden juga cocok sebagai pemanis ruanganmu. Pilih kain satin yang tepat buat rumahmu, sehingga ruanganmu akan semakin terlihat kece dan elegan.