Kamu pasti sudah nggak asing dengan fungsi gorden kan? Dipakai buat menghalangi sinar matahari yang terlalu silau, juga digunakan buat mengamankan dalam rumah agar nggak terlihat langsung oleh orang luar. Selain kedua fungsi tersebut, gorden juga bisa dijadikan sebagai pemanis ruangan. Hanya saja, kamu harus pintar-pintar memilih model kain gorden yang pas agar bisa menambah kesan estetika ruangannya.

Meski hanya gorden, kamu nggak boleh asal-asalan, apalagi kalau kamu mau mendapatkan kesan yang kece buat ruanganmu. Karena itu, coba deh kamu lihat dulu berbagai tips mencari model kain yang bisa kamu gunakan buat gorden di bawah ini.

Pilih warna yang tepat agar fungsi ruangan semakin optimal

Pilih Tingkat Opacity-nya Sesuai dengan Fungsi Ruangan

Ada banyak kain yang punya tingkat opacity atau transparansinya berbeda-beda. Jangan asal pilih tingkat transparansinya saja karena bisa mempengaruhi seberapa dapatnya atau terhalanginya sinar mataharinya ke dalam rumahmu. Sesuaikan pemilihan kainnya dengan fungsi ruanganmu itu.

Baca juga : Pilihlah Bahan Gorden Seperti Ini Agar Ruangan Semakin Cantik

Misalnya saja kalau kamu mau sedikit mengoptimalkan kondisi pencahayaan sinar mataharinya di ruang tamu atau ruang makan, kamu bisa memakai kain vitrase. Berbeda kalau kamu mau mendapatkan lebih privasi di ruang tidur, kamu bisa memakai model kain blackout. Karena kepekatannya, kain tersebut sangat pas menutup jendela dengan sempurna.

Pilih Gorden Ganda buat Rumah Klasik

Rumah klasik umumnya memiliki jendela yang besar, sehingga pemilihan jendela sangat penting kamu perhatikan. Model kain gorden yang cocok kamu gunakan yaitu pilih yang gorden ganda atau panel air. Model gorden ini memakai 2 gorden yang terpisah satu sama lainnya, sehingga kamu harus menariknya satu sama lain agar bisa menutup keseluruhan jendelanya.

Pilih Single Gorden buat Rumah Modern

Kalau rumah kamu termasuk modern, kamu bisa memakai model single panel yang hanya memiliki 1 sisi gorden saja. Berbeda dengan gorden ganda yang kamu harus menarik kedua sisi gordennya, pada model kain buat gorden ini kamu hanya menarik 1 sisinya saja, sehingga lebih fleksibel mau kamu buka atau tutup dari sebelah kanan mau pun kiri.

Pilih Warna yang Tepat

Pemilihan warna merupakan tips mencari model kain gorden yang penting kamu perhatikan. Jangan asal pilih warna mentang-mentang desainnya bagus. Kamu harus menyesuaikannya dengan warna cat dindingnya dan gaya desain rumahmu.

Kalau kamu punya gaya rumah yang ceria, coba gunakan warna cerah di ruanganmu, terutama di ruang makan sehingga terkesan seperti meramaikan suasana keluarga. Kalau ruang kamarmu tampak lebih minimalis, coba gunakan motif yang lebih minimalis pada kainnya. Hanya menggunakan 1 warna saja sebenarnya sudah sangat cukup mendukung gaya minimalis di kamarmu.

Baca juga : Tips Memilih dan Membeli Gorden untuk Kantor Anda

Memilih model kain gorden jangan kamu lakukan asal-asalan meski terdengar sepele. Sebagai pemilik rumah kamu juga perlu memperhatikan estetikanya selain memfungsikan gorden sebagai penghalang sinar matahari. Kalau memilihnya dengan tepat, tentu kamu akan semakin nyaman berada di rumah.