Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata gorden? Pelindung ruangan dari sinar matahari yang terik? Tentu saja. Gorden menjadi salah satu elemen penting yang harus ada dalam suatu ruangan. Fungsinya yang krusial membuat gorden menjadi elemen ruang yang paling banyak dicari. Tidak hanya melindungi dari sinar matahari yang langsung masuk melalui jendela, gorden juga memiliki fungsi lain. Nyatanya gorden mampu mempermanis ruangan dengan model dan bahan gorden yang beraneka ragam.

Selain model yang perlu diperhatikan agar terlihat sesuai dengan ruangan, Anda juga perlu memperhatikan bahan gorden itu sendiri. Mulai dari bahan yang membuat gorden jatoh saat digantungkan di jendela atau bahan yang agak kaku agar tidak mudah kusut. Berikut beberapa jenis kain gorden yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Bahan Katun

Rasanya jenis bahan katun sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Umumnya katun digunakan untuk pembuatan pakaian namun ternyata beberapa gorden juga menngunakan bahan ini. Teksturnya yang lembut membuat katun menjadi bahan yang sangat digemari. Karena bahannya yang ringan, membuat Anda tidak perlua khawatir saat mencucinya. Perlu diketahui kalau katun cukup transparan sehingga Anda perlu melapisinya dengan kain lainnya agar sinar matahari tidak langsung  menyorot ruangan Anda.

  1. Bahan Blackout

Halus dan lembut adalah dua dari kelebihan jenis bahan ini. Tidak sampai di situ, kain blackout juga mudah dibersihkan. Terlebih lagi jika Anda benar – benar ingin membuat ruangan Anda terhalang dari sinar matahari, kain jenis ini sangat cocok menjadi pilihan. Jika Anda ingin menggunakan kain jenis ini untuk gorden di rumah namun ingin membuatnya menadi biasan, Anda bisa melapisinya dengan kain transparan. Selain ruangan aka terlihat cantik, sinar matahri juga tetap bisa masuk ke dalam ruangan.

  1. Bahan Lace atau Renda

Umumnya kain jenis ini memiliki tekstur yang tipis dan transparan. Namun bukan berarti tidak digemari dan jarang dicari. Gorden jenis ini justru banyak dicari pecinta dekorasi. Gorden yang biasanya digunakan sebagai pelapis gorden berbahan lebih tebal ini, biasanya digunakan untuk mempermanis ruangan sehingga tetap bisa membuat cahaya masuk. Hati – hati dalam perawatannya karena bahannya uang tipis.

Umumnya setiap orang pasti memilih gorden berdasarkan model dan corak yang ada pada gorden itu sendiri. Namun di sisi lain, Anda perlu mempertimbangkan hal lainnya yaitu bahan gorden. Pastikan saat Anda memilih jenis gorden yang mampu menarik mata Anda, perhatikan juga apakah gorden itu sesuai ditempatkan di ruangan. Jika Anda berniat untuk memberi akses manis pada ruang terutama kantor, Anda bisa memilih di sini sebagai referensi Anda.