Gorden sering kali dipakai buat menghalangi cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah sekaligus melindungi rumah dari orang luar yang melihat ke dalam ruangan melalui jendela. Tapi, ternyata fungsi gorden nggak hanya itu saja loh. Kamu bisa memanfaatkannya buat mempercantik ruanganmu sehingga akan tampak semakin menarik, elegan, mau pun mewah. Kamu bisa memakai desain yang tersedia di toko atau gorden custom dengan membuatnya sendiri di rumah.

Pemilihan motif atau desain yang tepat tentu akan menambah kesan estetika buat ruanganmu. Kamu bisa membelinya di toko gorden atau bisa membuatnya sendiri di rumah dengan kreasi yang kamu punya. Nah, buat kamu yang mau buat sendiri, coba deh kamu lihat-lihat dulu kreasi gorden seperti apa yang cocok buat rumahmu.

Manfaatkan Scarf atau Selendang

Kalau kamu punya selendang atau scarf yang sudah nggak kamu pakai lagi, jangan buang dulu ya. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai gorden rumahmu loh. Bahan-bahan yang kamu butuhkan gampang kok tersedia, seperti selendang yang mau dijadikan gorden, gunting, lem yang kuat atau lem tembak, serta penjepit.

Pilih scarf yang sesuai dengan cat ruanganmu, lalu gunting di salah satu ujungnya. Bagian ujung yang digunting tersebut nanti akan kamu pasangkan dengan penjepit gorden, jadi setelah kamu mengguntingnya, kamu lipat bagian tersebut dan tempelkan dengan lem tembak. Agar terlihat lebih rapi kamu bisa menjahitnya.

Tambahkan Pita pada Gorden

Gorden custom yang bisa kamu buat sendiri di rumah yaitu dengan menambahkan pita di bagian tertentu gorden kamu. Mungkin kamu yang sudah terlalu bosan dengan gordennya yang terlalu polos-polos saja, mengkreasikannya dengan pita akan menambah kesan yang lebih manis. Gunakan saja pita kain yang lebar agar bisa ditambahkan pada gorden kamu.

Baca juga : Tips Memilih Model Kain Gorden yang Pas Buat Jendela Rumahmu

Pilih kain pita yang sesuai dengan warna gordenmu dan tempel dengan lem khusus atau langsung menjahitnya. Kamu bisa tambahkan kain sesuka hatimu agar gorden nggak terlihat membosankan.

Buat Gorden Anyaman

Kalau kamu memfungsikan gorden sebagai pembatas ruang, kamu bisa mengkreasikan gordenmu menjadi gorden anyaman. Model tersebut sama seperti gorden Macrame yang desainnya berongga-rongga seperti dianyam sehingga sisi ruangan lain masih bisa tetap terlihat. Membuatnya gampang dan yang kamu butuhkan hanya gunting, tali kain yang lentur, serta kayu panjang.

Ikatkan dulu tali kainnya di kayu panjangnya agar kamu gampang menganyamnya. Buatlah pola anyaman sesuai kreasi kamu. Kalau masih belum tahu caranya, kamu bisa melihat tutorialnya di internet. Pilih kreasi pola yang menarik agar gorden pembatas ruanganmu bisa menambah kesan pemanis yang kece.

Daur Ulang Kain Percamu

Kalau ada kain perca atau kain yang sudah nggak terpakai lagi, kamu bisa menjadikannya gorden custom yang unik buat sentuhan unik di ruanganmu. Semakin banyak variasi warnanya, tentu akan membuatnya semakin terlihat menarik dan unik.

Baca juga : 2 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Gorden Kantor

Kumpulkan kain percayanya dan gunting persegi. Jahitkan tiap pinggirannya hingga menjadi sebuah gorden. Kamu bisa memasangnya di kamar kamu atau sebagai penutup bawahan ruang dapur yang nggak terpakai.

Membuat gorden sendiri di rumah nggak susah kan? Daripada kamu bosan memilih desain gorden yang itu-itu saja, coba kamu buat seperti di atas. Dijamin deh kamu lebih hemat beli gorden dan ruanganmu terlihat semakin unik.