Gorden Tradisional Jawa

Gorden Tradisional Jawa – Gorden adalah salah satu elemen dekorasi rumah yang berfungsi untuk menutup jendela atau pintu dari sinar matahari, debu, atau pandangan orang luar. Gorden juga dapat memberikan kesan estetika dan gaya pada ruangan. Namun, tidak semua gorden cocok untuk setiap rumah. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih gorden, seperti ukuran, warna, bahan, motif, dan jenisnya.

gorden tradisional jawa

 

Salah satu jenis gorden yang memiliki nilai sejarah dan budaya adalah gorden tradisional jawa. Gorden tradisional jawa adalah gorden yang terbuat dari kain batik atau tenun dengan motif dan warna khas jawa. Gorden  jawa biasanya dipasang di rumah-rumah adat jawa, seperti joglo, limasan, atau pendopo. Gorden jawa dapat menciptakan suasana yang hangat, nyaman, dan elegan di ruangan.

Ada beberapa jenis gorden tradisional jawa yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Motif Parang

Gorden parang

Gorden parang adalah gorden yang memiliki motif parang, yaitu motif geometris berbentuk belah ketupat yang tersusun secara berulang. Motif parang merupakan salah satu motif batik tertua dan paling terkenal di jawa. Motif parang melambangkan kekuatan, keberanian, dan kewibawaan. Gorden parang cocok untuk ruangan yang luas dan formal, seperti ruang tamu atau ruang rapat.

gorden tradisional jawa
Motif Truntum

Gorden truntum

Gorden truntum adalah gorden yang memiliki motif truntum, yaitu motif bintang kecil yang berserakan di seluruh permukaan kain. Motif truntum merupakan salah satu motif batik favorit para raja dan ratu jawa. Motif truntum melambangkan cinta kasih, kesetiaan, dan harapan. Gorden truntum cocok untuk ruangan yang romantis dan intim, seperti kamar tidur atau ruang keluarga.

Motif Sidomukti

Gorden sidomukti

Gorden sidomukti adalah gorden yang memiliki motif sidomukti, yaitu motif bunga melati yang berjejer di pinggir kain. Motif sidomukti merupakan salah satu motif batik yang sering digunakan dalam upacara pernikahan adat jawa. Motif sidomukti melambangkan kemakmuran, kebahagiaan, dan kesucian. Gorden sidomukti cocok untuk ruangan yang ceria dan menyenangkan, seperti ruang makan atau ruang bermain anak-anak.

Baca juga : Tips Memilih Gorden Untuk Jendela Bulat

Tips Memilih Gorden untuk Jendela Bulat

Itulah beberapa jenis gorden tradisional jawa yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempercantik rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan gorden dengan warna dinding, furnitur, dan aksesoris lainnya di ruangan. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan nuansa jawa yang kental dan menarik di rumah Anda.