Cara untuk mengontrol masuknya sinar matahari ke dalam ruangan adalah dengan memasang gorden. Penggunaannya tidak terbatas hanya pada rumah saja melainkan bangunan lain seperti kantor. Beberapa model gorden kantor dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna dengan desain yang menarik mulai dari tirai lipat hingga geser. Berikut beberapa model yang cocok sebagai gorden kantor.

Model Gorden yang Populer untuk Kantor

Blind Gorden

Gorden yang merupakan jenis blind gorden terdiri dari bagian-bagian pipih memanjang yang terpisah menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut dapat membuka dan menutup ke samping. Gorden jenis ini sudah dilengkapi dengan tangkai dan tuas yang digunakan untuk membuka dan menutup gorden sehingga lebih mudah untuk mengatur seberapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan.

Blind gorden mempunyai beragam model yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Model yang pertama adalah vertical blind yang berbentuk garis-garis memanjang secara vertikal. Cara membuka gorden ini adalah dengan memutar sehingga membuka dan menutup ke samping. Model yang kedua adalah horizontal blind yang berbentuk garis memanjang secara horizontal dan dapat dibuka tutup dari atas bawah.

Baca juga : Sering Keliru, Biasanya Gorden Dipasang Dimana aja?

Model blind gorden yang ketiga adalah roller blind yang dibuka tutup dengan cara digulung. Berbeda dengan dua model sebelumnya. Roller blind ini memiliki permukaan yang tertutup merata dan tidak terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. Model yang keempat adalah panel blind yang cocok untuk menutupi jendela kantor berukuran besar. Selain itu, tampilan gordennya pun terlihat formal.

Model blind gorden selanjutnya adalah smart blind yang dinilai lebih modern. Gorden model smart blind ini memiliki tampilan yang menarik dan elegan sehingga tidak mengherankan apabila banyak dipilih untuk sekaligus menghias ruangan. Kecanggihan dari gorden ini adalah sistem pengontrolan buka tutupnya yang dapat diprogram sesuai kurun waktu tertentu sehingga tidak dilakukan secara manual.

Shade Gorden 

Jenis gorden lain yang dapat dipasang di ruang kantor adalah shade gorden yang berbentuk lembaran kain. Hal yang membedakannya dengan blind gorden yaitu permukaan gorden dibuat lebih tipis. Walaupun begitu, shade gorden ini terkesan memberikan kehangatan bagi ruangan sehingga lebih cocok untuk ruang kantor yang tidak terlalu luas dan besar. 

Cara membuka dan menutup shade gorden sama seperti model roller blind yaitu dengan cara digulung ke atas dan ke bawah. Oleh sebab itu, gorden model ini dilengkapi dengan tangkai untuk menyangga dan tuas untuk menggulung. Terdapat dua model dari shade gorden ini yaitu roller shade yang terbuat dari kain sintetis dan pleated shade.

Baca juga : Tips Memilih Model Kain Gorden yang Pas Buat Jendela Rumahmu

Tiap jenis gorden sudah dibuat dengan desain dan fungsi yang berbeda sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang juga beragam. Jenis blind gorden yang terdiri dari bagian-bagian pipih yang terpisah cenderung lebih fleksibel karena dapat digunakan untuk menutupi jendela berbagai ukuran. Sedangkan shade gorden cenderung lebih cocok untuk jendela berukuran sedang dan kecil.