Rahasia Memilih Gorden – Gorden adalah alat kecantikan yang sangat diperlukan yang berkontribusi pada keindahan rumah. Tetapi tidak semua orang tahu bagaimana menggabungkan dan memilih jenis gorden yang tepat untuk arsitektur, desain, interior, dan ruang rumah mereka. Berikut ini beberapa tips untuk memudahkan Anda dalam memilih gorden yang tepat untuk warna cat tembok Anda.

1. Pilih gorden yang sesuai dengan gaya rumah

Jika interior dan dekorasi rumah bergaya modern, sebaiknya pilih gorden dengan warna yang sama dengan cat tembok dan gorden monokrom, desainnya yang simpel dan halus membuat ruang di dalam ruangan menjadi lapang namun tetap mewah. Jika Anda mengikuti gaya klasik, sebaiknya pilih gorden dengan warna yang sama dan lebih gelap dengan cat tembok. Gorden harus memilih brokat, motif timbul, dan hiasan embel-embel yang lebih rumit. Dengan demikian, ruang ruangan akan lebih mewah dan berkelas. Sedangkan bagi anak muda yang ingin mengikuti tren berjiwa muda dan menonjol, sebaiknya memilih gorden dengan motif warna-warni, desain inovatif, menggunakan 1-2 tone agar ruangan lebih hidup.

baca juga ; memilih gorden jendela

Tips Memilih Gorden Jendela Rumah

2. Tone warna yang sama dengan dinding

Dari segi estetika dan tren, pemilihan warna gorden yang tepat dengan warna cat tembok adalah yang paling masuk akal. Misalnya, jika dinding Anda berwarna kuning muda atau krem, Anda harus memilih gorden berwarna kuning tua, coklat muda, dan oranye dengan pola timbul dan elegan yang akan lebih mempercantik ruangan Anda. Atau untuk dinding yang lebih gelap dari warna dingin, sebaiknya pilih warna dengan tone yang sama tetapi lebih terang, tekstur sederhana akan menciptakan ruang yang harmonis untuk ruangan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki dinding abu-abu, Anda harus memilih tirai linen putih, terang, kuning, merah muda, nude… 2 lapis monokrom akan membuat ruangan lebih terbuka dan luas. Memilih tirai ini akan kontras dengan kegelapan ruangan, menciptakan lebih banyak daya tarik dan sorotan.

3. Pilih gorden yang luar biasa

Warna komplementer adalah dua warna yang berlawanan untuk menciptakan ruang ruangan yang lebih hidup dan beraksen. Skema warna ini cocok untuk pemilik rumah dengan gaya yang unik dan berjiwa muda. Selain itu juga sangat cocok untuk ruangan seperti dapur, kamar mandi, kamar bayi… Misalnya dengan dinding berwarna ungu, Anda bisa memilih gorden berwarna biru yang sangat menonjol dan menarik.

4. Pilih gorden yang sesuai dengan rumah

Untuk menciptakan ruang yang serasi, terang dan seimbang, sebaiknya pilih warna gorden yang serasi dengan warna cat dinding. Jika warna cat tembok yang ada sudah menjadi warna mengambang, maka pilihlah gorden warna netral, berlawanan dengan warna dinding untuk melembutkan ruang, menciptakan cahaya dan relaksasi. Tirai putih berpadu dengan warna dinding panas dan dingin. Anda dapat memilih putih gading, putih krem ​​untuk dinding warna hangat, putih abu-abu untuk dinding yang dicat dingin. Anda dapat memilih kain bertekstur satu warna atau timbul untuk tampilan netral. Dalam skema warna, warna dibagi menjadi 3 kelompok: Gelap – Tengah – Terang

Warna terang : (merupakan warna yang bercampur antara putih dengan warna lain tetapi dominan putih) seperti : putih, putih biru, putih abu-abu, putih gading…

Warna sedang: (tidak gelap atau terang) seperti: abu-abu, merah muda…
Warna gelap: Hitam, merah, biru tua, kuning tua

Kita harus mencampur seperti ini:

Warna gelap dengan warna terang
Warna bold dengan warna medium
Warna pucat dengan warna sedang

5. Pilih gorden yang ramah alam

Jika Anda menyukai gaya hidup yang dekat dengan alam, sebaiknya pilih gorden berbahan kayu (Lihat daftar kerai kayu) dan memiliki warna-warna alami seperti coklat, kuning, dll, serta tambahkan motif bunga, daun terasa lebih nyata. Jangan memilih gorden yang terlalu gelap, terlalu tebal, justru akan membuat ruangan semakin suram dan tak bernyawa.

Sebaiknya hubungi ahlinya untuk berkonsultasi sebelum memilih gorden yang sesuai dengan warna dinding untuk meningkatkan estetika dan fungsi gorden. Dengan tim profesional yang berpengalaman, dengan pemahaman yang mendalam tentang jenis kerai akan membantu Anda membuat pilihan terbaik. Karena ketika kelompok warna ini ditempatkan bersebelahan, akan ada kontras warna, mereka akan lebih menonjolkan dan menghormati satu sama lain.