Setiap hunian mempunyai ukuran ruangannya sendiri. Terkadang ada beberapa ruangan yang harus dikorbankan dengan membuatnya lebih sempit padahal inginnya lebar. Ingin pindah rumah tapi harus nabung dulu. Alhasil, baca – baca artikel tentang trik dan tips membuat ruangan sempit agar terlihat lebih luas.
Ternyata, tidak terlalu sulit dilakukan, loh. Berikut tips yang bisa diterapkan di hunian Anda.

Tentukan warna cat dinding

Paling umumTips Siasati Ruang Sempit Agar Terlihat Luas dan paling direkomendasikan adalah pilihkan warna cat dinding dengan warna netral atau warna terang. Warna seperti putih, krem, atau kuning bisa memberi kesan ilusi pada ruangan sempit. Jika Anda ingin membuatnya berwarna, padu padankan dengan gradasi warna yang menarik. Contohnya, warna krem bisa dipadukan dengan warna coklat.

(Baca Juga: Tips Ruangan Minimalis Dengan Aturan 60-30-10)

Beri elemen penting yang menarik

Biasanya pemilik rumah akan mencari cara selain pemilihan warna. Salah satunya yang umum digunakan dan dijumpai adalah cermin. Dengan mengaplikasikan cermin pada ruang, ruang akan merefleksikan ruang, sehingga terlihat lebih luas. 

Buat ruangan lebih simple

Beberapa orang biasanya sibuk mencari barang yang cocok untuk diletakkan di ruangannya tanpa melihat apakah barang tersebut benar – benar terlihat apik jika diletakkan di sana. Jika ruangan Anda tidak terlalu besar, maka tipsnya adalah sederhanakan ruangan sempit Anda.

Dengan cara memilah hanya beberapa barang saja yang diletakkan di sana. Sehingga tidak kelihatan menumpuk. Bahkan Anda tidak disarankan mengisinya dengan sofa yang umumnya memakan ruang.

Perhatikan pencahayaan

Tips lain yang sangat penting adalah pencahayaan. Pencahayaan bukan melulu ada pada sinar lampu melainkan pencahayaan alami. Jika ruangan sempit diberi cahaya lampu yang terlalu terang, tentu malah bisa mengganggu penglihatan yang terlalu silau. Namun, jika diterangi dengan pencahayaan alami, selain baik untuk mata, baik juga untuk ruangan Anda.

Anda bisa menyiasatinya dengan pemilihan jendela yang lebar atau panjang. Dengan begini, ruangan tidak hanya berpusat pada tembok, tetapi kemudahan melihat keindahan dari luar. Sehingga inilah yang membuat ruangan sempit Anda terlihat lebih luas.

Bagaimana? Ingin coba menerapkannya? Semoga bermanfaat.